masakan ikan batu

Stonefish Atau Ikan Paling Beracun, Setelah Dimasak Ternyata Harganya Cukup Fantastis

Poker303

Stonefish atau ikan batu merupakan salah satu jenis ikan laut yang terkenal memiliki racun yang sangat berbahaya. Racun ikan ini akan keluar dari duri yang berada dipunggung ketika ikan tersebut tertindih. Bentuknya yang menyerupai batu karang ini juga terlihat sangat menjijikkan.

Stonefish termasuk ke dalam famili Synanceiidae, yang terdiri atas 9 genus dan 11 spesies, dimana tiap spesies dari ikan dalam famili ini termasuk ikan yang beracun, berbahaya, dan bahkan dapat mengakibatkan dampak yang fatal bagi manusia.

Ikan batu ini memiliki ukuran rata-rata 30 sampai 40 cm dengan warnanya yang seperti dasar lautan. Jika dilihat sekilas, ikan ini tidak ada bedanya dengan batu karang sehingga tidak jarang manusia yang terkena racunnya saat berada dibawah laut.

Setelah Dimasak, Harganya Bikin Melongo

Tahukah anda jika ikan batu ini ternyata bisa dimakan lho. Ini ini ditemukan di salah satu makanan paling terkenal di masakan Jepang: Ikan puffer, disajikan sebagai fugu, hidangan sashimi yang mahal.

Kadang-kadang disebut “Russian roulette of sushi,” dan sekali tampil di sebuah episode The Simpsons , fugu membutuhkan persiapan yang halus untuk dagingnya yang dapat dimakan untuk dipisahkan dari organ dalamnya yang beracun. Sebelum mereka dilisensikan untuk melayani fugu, koki Jepang menjalani bulan pelatihan dan ujian ketat, yang hanya 30% dari pelamar yang lulus.

Di sebuah akun Youtube ada video berisi konten harga ikan ini RM 120 per satu kilogram. Jika dikalikan kurs 1 RM sama dengan kurs Rp 3.566 (saat itu) maka akan dihasilkan Rp 427.920 harga per satu kilo.

Stonefish

Ikan Batu

Ikan Batu Di Dasar Laut

Video yang berjudul “Most Poisonous Fish In The World Cooked 2 Ways” (Ikan Beracun Terbanyak di Dunia yang Dimasak dua Cara) ini sudah ditonton hampir 7 juta orang. Ikan ini dianggap lezat di banyak bagian Asia, termasuk Jepang selatan, Fujian selatan dan Guangdong di Cina, dan Hong Kong.

Di daerah berbahasa Hokkien, mereka dianggap lezat dan baik untuk kesehatan. Daging Synanceia berwarna putih, padat dan manis, dan kulitnya juga bisa dimakan.

“Orang pasti akan terkejut melihat betapa berbahayanya ikan ini,” kata Dr. Leo Smith, asisten kurator ikan di Field Museum di Chicago. Smith adalah peneliti terkemuka ikan beracun dan berbisa, dan mengatakan bahwa, sementara ular lebih sering dikaitkan dengan racun, ada spesies ikan yang jauh lebih beracun. “Karena manusia hidup di darat, mereka tidak menganggap ikan berbisa.”

“Ada perbedaan penting yang harus Anda buat antara beracun dan berbisa,” kata Smith. Racun biasanya digunakan ketika ikan menggigit mangsanya, tetapi ikan tertentu beracun karena makanan dan lingkungan mereka.

Smith mengatakan kepada Discovery Magazine bahwa sejumlah jenis ikan batu memang beracun dan mampu membunuh manusia dewasa. Menurutnya, senjata itu hanya akan keluar ketika ada ancaman yang mendekat.

“Tampaknya ikan ini telah memperkuat pertahanan diri mereka,”kata Smith. “Sejauh yang saya tahu, pisau itu atau jaringan sekitarnya tidak beracun,” tambahnya. Smith berkata, panjang pisau ikan batu biasanya setengah hingga 2,5 kali lebar mata seluruh ikan batu.

Ketika ikan batu dimasak, ia kehilangan racunnya. Dan ketika disajikan mentah seperti pada sashimi, Okoze – sirip punggungnya yang berbisa dibuang begitu saja. Daging tubuh yang tersisa lezat dan tidak beracun. Di sisi lain, ikan buntal dan blaasop bergaris-garis perak tidak menyebarkan racun, tetapi tetap beracun bagi manusia karena bakteri dalam makanan mereka.

Nah, jika berminat untuk mencoba santapan ikan batu ini, silahkan saja siapkan kocek anda karena harganya yang cukup fantastis ini.

Simak juga video berikut ini.

Sumber Referensi :

  • http://belitung.tribunnews.com/2018/05/23/ikan-batu-bentuknya-seram-dan-beracun-tapi-harganya-fantastis-jika-dimasak-seperti-ini
  • https://www.forbes.com/2010/11/30/culinary-tourism-exotic-food-lifestyle-travel-poison.html#65c49634190a
  • https://www.youtube.com/watch?v=bl_nvrsfoP4
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Joker123

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14Shares